Kenali Karakteristik Pekerja dalam Kelompok Arranging

Dalam memilih jalur karier dan pendidikan, seseorang biasanya akan menyesuaikan dengan kepribadian, bakat, dan minat yang dimiliki. Guna mengetahui mana jalur karier dan pendidikan yang sesuai, diperlukan sebuah tes khusus. Tes yang dimaksud adalah Career Exploration Test atau dikenal dengan CET. Dalam teorinya, CET ini membagi bidang karier menjadi enam jenis. Salah satunya adalah Arranging atau kemampuan mengatur.

Arranging dikenal merupakan salah satu jalur karier dan pendidikan, yang berfokus pada bidang administrasi. Pekerjaan yang tergolong dalam kategori Arranging adalah admin, akuntan, pegawai bank, audit, hingga ahli pajak. Lalu, seperti apa karakteristik orang-orang yang bekerja dalam kategori tersebut? Cari tahu penjelasan mengenai karakteristik tipe Arranging berikut ini.

 

Memiliki Kemampuan Administratif dan Aritmatika

Jika dilihat dari pilihan karier untuk kelompok Arranging, tipe ini memungkinkan seseorang memiliki kemampuan dalam bidang administratif dan aritmatika. Jenis karier dalam kelompok Arranging kebanyakan adalah mengatur dan menyusun berbagai data maupun laporan, yang berkaitan dengan angka-angka. 

Adapun berbagai kemampuan yang perlu dimiliki oleh tipe ini, yaitu mahir dalam menggunakan Microsoft Excel, matematika, akuntansi, ekonomi, aplikasi-aplikasi pendataan dan keuangan, manajemen, bisnis, hingga bahasa asing seperti Inggris.

 

Menyukai Rutinitas Teratur dan Standar Jelas

Salah satu karakteristik yang pasti dimiliki oleh kelompok Arranging adalah menyukai rutinitas, konsisten, standar dan aturan jelas. Dengan aturan yang terstruktur, individu dapat bertanggung jawab terhadap perencanaan, penyusunan jadwal, pengawasan, dan pekerjaan-pekerjaan yang mendetail. 

Seseorang yang bekerja di bidang ini akan menghindari pekerjaan yang tidak memiliki peraturan jelas. Selain itu, tipe Arranging juga menolak pekerjaan yang bersifat mendadak, tidak terperinci, berantakan, dan tidak teratur. Hal ini karena tipe tersebut cenderung menyukai kerapian, metodis, teratur, dan praktis dalam bekerja. 

 

Teliti dan Berhati-Hati

Poin ini hampir serupa dengan poin kedua. Orang dengan profesi di bidang Arranging sangat menyukai pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Dengan begitu, individu dapat berkonsentrasi lebih baik ketika mengerjakan tugasnya. Berbagai profesi dalam kelompok Arranging juga memungkinkan seseorang untuk bekerja secara berhati-hati. 

Pasalnya, jika individu tidak berhati-hati dan kurang teliti, maka terjadi kesalahan semua data yang telah dikerjakannya. Selain itu, seseorang dengan tipe profesi ini juga menghindari pekerjaan dengan multitasking berlebihan. Hal ini karena dapat mengganggu ketelitian dan mengacaukan fokus pada pekerjaannya.

 

Dapat Menyesuaikan Diri dan Pekerja Handal

Berkat penerapan aturan, wewenang, dan struktur pekerjaan yang jelas, membuat orang yang berprofesi di bidang Arranging dapat menyesuaikan diri dengan mudah. Individu akan beradaptasi dengan segala aturan dan struktur pekerjaan secara cepat. Orang dengan pekerjaan bidang Arranging juga senang melakukan pemecahan masalah sehari-hari, demi tercapainya suatu sistem yang teratur dan rapi. 

Selain itu, individu dalam bidang ini juga disebut sebagai pekerja yang handal. Pasalnya, tipe ini memungkinkan seseorang untuk selalu memperhatikan berbagai pertimbangan dalam pekerjaannya secara bijaksana.

 

Tidak Suka Berfantasi

Kelompok profesi Arranging sangat berbanding terbalik dengan bidang seni maupun artistik. Sesuai dengan penjelasan di poin-poin sebelumnya, orang yang bekerja di bidang Arranging lebih menyukai pekerjaan terstruktur, rapi, teratur, dan jelas. Sementara pekerjaan yang bersifat seni membutuhkan kreativitas tinggi dan cenderung mengalami perubahan terus-menerus. 

Selain itu, berfantasi ria maupun berimajinasi untuk pekerjaan juga bukan hal yang disukai oleh pekerja bertipe Arranging. Tidak heran jika individu dalam tipe ini akan mengabaikan aktivitas-aktivitas yang bersifat artistik.  

 

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai karakteristik orang-orang yang bekerja dalam kelompok Arranging. Apabila individu memiliki kemampuan mengatur perencanaan, mengorganisir sesuatu dengan baik, dapat berpikir secara logis dan kemampuan menghitung secara cermat, maka tipe karier Arranging adalah pilihannya. 

Rutinitas yang statis dan tidak terlalu dinamis, juga menjadi salah satu ciri khas dari tipe ini. Sebelum memilih jalur dan karier pendidikan, alangkah baiknya untuk mengetahui karakteristik, bakat, dan minat melalui sebuah tes seperti CET terlebih dahulu.

 

Apabila individu masih menebak-nebak kelompok karier mana yang sesuai, bisa mengikuti tes Career Exploration Test atau CET di Quantum Edukasindo Paradigma. Sebagai biro psikologi berpengalaman, Quantum Edukasindo Paradigma menyuguhkan layanan lainnya, yang berguna untuk memajukan karier individu. Mulai dari tes IQ online, tes bakat minat, pelatihan dan pengembangan SDM, dan lainnya. 

Kelompok Arranging tentu memiliki karakteristik khusus dalam berkarier. Namun, jika dikombinasikan dengan program pelatihan dan pengembangan SDM, maka akan menghasilkan individu yang lebih baik dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja. Dari segi emosional dan cara menyelesaikan masalah, akan terlatih dengan program tersebut.

Share artikel ini:

Sumber:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×