Ingin Dorong Kemampuan Kreativitas Anak? Kenali Langkah-Langkahnya!

Kreativitas adalah salah satu potensi yang terdapat dalam diri setiap anak. Kemampuan kreativitas mereka menjadi kunci penting dalam mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, memecahkan masalah dan menjadi lebih produktif saat melakukan kegiatan.

Melatih kemampuan kreativitas anak di usia dini merupakan saat yang tepat, di mana mereka senang mengeksplorasi hal-hal baru. Selain itu, kemampuan kreativitas juga berperan penting dalam melihat potensi anak di masa depan.

Untuk mewujudkan hal ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk mendorong kemampuan kreativitas sang anak. Simak penjelasannya di bawah ini.

Doronglah Anak-anak untuk Melakukan Proyek-proyek

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak adalah dengan membiarkan mereka melakukan sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Sebut saja seperti menulis program-program komputer orisinil, menciptakan proyek-proyek kesenian, menulis dan membuat ilustrasi mereka sendiri, dan lain-lain.

Bantu Anak Mendirikan Sebuah Pusat untuk Kegiatan Kreatif

Pusat kegiatan kreatif bisa menjadi tempat sang buah hati untuk melakukan kegiatan yang diminatinya. Mulai dari karya seni, membangun roket atau kegiatan pertukangan, membongkar dan memperbaiki barang contohnya, panggangan roti atau mesin lainnya. Untuk menunjang kegiatan sang anak, orang tua dapat menambahkan kemasan styrofoam, kotak-kotak, potongan kayu, benang rajutan, paku, kancing, kertas, lem, cat dan lain-lain. Kegiatan seperti ini memang akan membuat ruangan berantakan. Akan tetapi, ini adalah proses mereka untuk melakukan eksperimen dalam menciptakan sesuatu.

Doronglah Anak untuk Bertanya

Bertanya adalah sesuatu yang wajar dilakukan anak-anak terutama pada usia dini. Rasa keingintahuan mereka sangat besar untuk mengetahui banyak hal. Sehingga, orang tua sebaiknya jangan menghalangi mereka untuk bertanya banyak hal, tetapi berilah dorongan untuk bertanya.

Ajaklah Anak Ke Luar Ruangan

Kreativitas anak tidak terbatas pada kegiatan di dalam ruangan saja, melainkan dapat didorong oleh kegiatan di luar ruangan. Bawalah mereka ke tempat-tempat yang sesuai dengan bidang yang mereka minati. Jika mereka memiliki minat di bidang sains, ajaklah mereka ke museum. Jika minat mereka di bidang seni, ajaklah ke galeri seni. Cari tahu dan berikan dorongan pada mereka sesuai dengan minatnya, agar terus meningkatkan kreativitas anak dalam berkarya.

Kesimpulan

Banyak kegiatan yang dapat mendorong kreativitas anak. Untuk mewujudkan hal itu, peran orang tua dalam mendorong kreativitas sang anak sangat vital. Selain untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan atau mengetahui minat mereka, orang tua berperan penting dalam mendukungnya ketika sedang melakukan sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Karena itu, adanya kerjasama antara orang tua dan anak adalah kunci untuk mengembangkan kreativitas sang anak.

Apabila orang tua merasa bingung untuk melatih kemampuan kreativitas pada anak, bisa berkonsultasi dengan Quantum Edukasindo Paradigma. Sebagai biro psikologi berpengalaman, Quantum Edukasindo Paradigma menawarkan sejumlah program penunjang untuk meningkatkan berbagai kemampuan pada anak seperti berpikir, belajar, kreativitas, dan lainnya. Program yang dimaksud antara lain Quantum Reading, Learning, Writing, pelayanan bimbingan belajar, hingga webinar edukatif.

Sementara adapun program lainnya guna mengetahui seberapa besar kemampuan seseorang, yang ditawarkan oleh Quantum Edukasindo Paradigma. Sebut saja seperti tes IQ online, tes bakat minat, tes kepribadian atau MBTI, dan tes pengukur kecerdasan lainnya. Selain itu, Quantum Edukasindo Paradigma juga menawarkan program penunjang sumber daya manusia seperti pelatihan dan pengembangan SDM, training, teamwork, dan pelatihan untuk menjadi pemimpin dalam perusahaan.

Share artikel ini:

Sumber:

Fuller, Cheri. 2007. Maksimalkan Potensi Belajar Anak Anda. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×