Inilah Cara Meningkatkan Kecerdasan AQ

AQ atau kepanjangannya adalah Adversity Quotient merupakan salah satu jenis kecerdasan pada manusia, yang berfokus pada cara menyelesaikan suatu masalah dan menghadapi tantangan dalam kehidupan. Kecerdasan ketahanan ini penting bagi seseorang untuk ke depannya. Individu akan dituntut untuk mandiri dalam mencari solusi ketika menghadapi masalah. Di situlah kemampuan AQ seseorang diuji.

Akan tetapi, AQ perlu diasah sejak usia dini, agar ketika beranjak dewasa tidak heran dengan masalah dan tantangan yang ada. Dilansir dari KajianPustaka, Paul G. Stoltz mengungkapkan beberapa cara untuk seseorang dalam meningkatkan kecerdasan Adversity Quotient. Apa saja cara-cara yang perlu dilakukan? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

 

Listened (Mendengarkan)

Penting bagi seseorang untuk selalu mendengarkan orang lain. Akan tetapi, informasi yang diperoleh juga harus dipikirkan kembali, bukan menerimanya secara mentah-mentah. Di sinilah kemampuan AQ seseorang diuji.

Guna meningkatkan kecerdasan Adversity Quotient, seseorang perlu mendengarkan respon orang lain mengenai kesulitan yang dihadapinya. Individu akan inisiatif menyadari dan menanyakan pada diri sendiri. Apakah respon tersebut AQ tinggi atau rendah, atau manakah dimensi AQ yang paling tinggi.

 

Explored (Menggali)

Selain mendengarkan, cara untuk meningkatkan kecerdasan Adversity Quotient adalah menggali penyebab masalah. Lewat Explored, seseorang dapat menggali dan menjelajahi situasi hidup yang dialaminya saat itu. Individu akan inisiatif mencari tahu apa penyebab dan sumber masalah tersebut.

Apakah yang dilakukannya sudah benar, seberapa besar masalah tersebut, hingga pertanyaan mengenai aspek mana yang harus dimiliki dan mana yang tidak. Setelah menggali lebih dalam, seseorang akan mencari alternatif tindakan sebagai solusi dari suatu masalah yang dihadapi.

 

Analyzed (Menganalisis)

Cara berikutnya adalah menganalisis masalah. Poin Analyzed ini hampir serupa dengan Explored. Akan tetapi, pada cara ini individu dapat menganalisis berbagai bukti yang menyebabkan suatu permasalahan terjadi.

Dilansir dari KajianPustaka, ada beberapa bukti yang harus dianalisis seperti bukti seseorang tidak dapat mengendalikan masalah, bukti kesulitan yang mempengaruhi wilayah lain dalam kehidupan, hingga bukti alasan kesulitan berlangsung lama. Fakta tersebut memungkinkan individu untuk menemukan faktor-faktor pendukung AQ, serta menjadi pembelajaran untuk ke depannya.

 

Do (Melakukan)

Langkah berikutnya untuk meningkatkan AQ adalah mengambil tindakan nyata setelah melalui cara-cara di atas. Sebelum bertindak, seseorang perlu mencari informasi tambahan untuk berjaga-jaga. Dengan memperoleh informasi tambahan, individu dapat mengendalikan situasi atau keadaan sulit yang dapat terjadi secara mendadak.

Penting bagi seseorang untuk inisiatif bertanya pada diri sendiri sebelum bertindak. Mulai dari bagaimana memperoleh informasi tambahan, bagaimana mendapatkan kontrol atau kendali dalam situasi, bagaimana mengurangi dampak negatif, hingga seberapa lama dampak ini bertahan.

 

Kesimpulan

Itulah cara-cara untuk meningkatkan kecerdasan AQ berdasarkan Paul G. Stoltz. Dapat disimpulkan bahwa penting bagi seseorang untuk menganalisis masalah yang dihadapinya. Dengan menganalisis dan menggali penyebab masalah, maka AQ individu akan berkembang dengan baik. Selain itu, diperlukan konsentrasi tinggi ketika mendengarkan respon orang lain terhadap suatu masalah. Sehingga, individu mampu menentukan respon AQ mana yang berpotensial tinggi dan mana yang rendah.

Berbicara mengenai kecerdasan seperti AQ, ada sebuah biro psikologi yang melayani tes kecerdasan dan pengembangan diri.

 

Quantum Edukasindo Paradigma menjadi pilihan tepat, yang menawarkan jasa psikotes dan assessment. Mulai dari tes IQ, tes kepribadian, bakat dan minat, dan kecerdasan lainnya. Berlokasi di Yogyakarta dan Jakarta, Quantum Edukasindo Paradigma juga menyediakan layanan lainnya seperti training untuk pengembangan diri, webinar edukatif, pelayanan bimbingan belajar, team building, pelatihan Quantum Learning, Quantum Reading, hingga Quantum Writing.

Didampingi oleh trainer, councelor, dan tutor berpengalaman, Quantum Edukasindo Paradigma mampu menciptakan pemuda terampil dalam belajar dan berkarya untuk masa depan yang lebih baik.

Share artikel ini:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×