Cara untuk Mengetahui Bakat Anak Sejak Usia Dini

Setiap anak tentu memiliki bakatnya masing-masing. Bakat merupakan sesuatu bawaan dari lahir, yang jika dikembangkan secara terus-menerus bisa membawa kesuksesan bagi sang anak. Sebagai orang tua, penting sekali untuk mengetahui bakat buah hatinya. Dengan mengetahui bakat anak, maka orang tua dapat mengarahkan dan membantu anak untuk mengembangkannya.

Bagaimana cara orang tua untuk mengetahui bakat anak? Dilansir dari berbagai sumber, inilah penjelasan yang bisa disimak berikut ini. 

 

Amati Kebiasaan dan Kesenangan Anak

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui bakat anak adalah mengamati kebiasaan dan kegemarannya. Misalnya anak suka menggambar sesuatu yang disukainya. Hobi menggambar tersebut bisa menjadi salah satu bakat, yang digelutinya sampai di usia dewasa nanti. 

Seringkali kebiasaan sang anak dari kecil, dapat menjadi bakat yang potensial, serta bisa dieksplor di masa depan. Maka dari itu, penting bagi orang tua dalam memperhatikan kebiasaan, hobi, kesukaan, hingga minat anak. 

 

Fokus pada Proses, Bukan Hasil yang Sempurna

Anak berprestasi karena bakatnya yang sempurna menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Akan tetapi, memaksa anak untuk menjadi sempurna dan terbaik bukanlah sesuatu yang bagus untuk dilakukan. Ketika anak bereksplorasi terhadap hobi, bakat, dan minatnya, beri dukungan bahwa dia telah melakukan yang terbaik. 

Jadikan proses sebagai fokus utama dalam mendukung sang buah hati. Biarkan anak berlatih terus-menerus terhadap bakat yang digelutinya. Ketika mengalami kegagalan, orang tua perlu tetap memberikan dukungan terbaik, tanpa terkesan memaksa. Karena kegagalan menjadi proses awal mencapai keberhasilan. 

 

Biarkan Anak Bereksplorasi

Poin ini hampir serupa dengan poin pertama. Selain mengamati dan memperhatikan bakat, biarkan anak bereksplorasi dengan caranya sendiri. Dengan demikian, kreativitas sang buah hati akan meningkat dan berkembang baik. 

Selama cara dia bereksplorasi terlihat positif, hindari perilaku yang terkesan menekan ataupun membatasi kegiatannya. Apabila orang tua menekan, memaksa, dan membatasinya, maka anak merasa tidak nyaman. Selain itu, anak juga terhalangi dalam mengeksplorasi bakat terpendamnya.

 

Mengajarkan Pantang Menyerah pada Anak

Seperti yang telah disebutkan di poin kedua, di mana proses menjadi fokus utama, bukan hasil yang sempurna. Ajarkan anak untuk pantang menyerah dalam mengembangkan bakatnya, meskipun mengalami kegagalan. Dengan begitu, sang buah hati akan menjadi pribadi yang giat, pekerja keras, selalu bersemangat, dan tidak mudah menyerah. 

Orang tua bisa mengajarinya dengan cara meminta imbalan balik ketika anak menginginkan sesuatu. Misalnya anak ingin dibelikan mainan baru. Agar tidak terlalu dimanja, coba minta anak untuk melakukan sesuatu sebelum mendapatkannya seperti membereskan kamar, mandi, belajar dengan benar, dan lainnya.

 

Melakukan Tes Bakat

Salah satu alternatif lainnya dalam mengetahui bakat anak adalah melakukan tes bakat minat. Jenis tes ini sebenarnya berbeda dengan tes kecerdasan seperti IQ. Sesuai dengan namanya, tes bakat minat memberikan informasi seputar kemampuan dan kegemaran yang dimilikinya. 

Selain itu, tes ini juga membantu anak dalam memilih jalur pendidikan dan karier di masa depan. Sehingga, penting bagi orang tua untuk mengikutsertakan sang buah hati dalam tes bakat minat. Seperti tes IQ online, tes bakat minat kini juga dapat dilakukan secara online

 

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai cara-cara untuk orang tua dalam memahami bakat anak. Penting sekali untuk mengetahui bakat anak sejak usia dini. Bukan sekadar mengetahui, namun orang tua juga berperan penting dalam mendukung dan membantu anak mengembangkannya.  Dengan melakukan cara-cara di atas, maka sang buah hati dapat menjadikan bakatnya sebagai potensi yang luar biasa di masa depan.

Perlu diketahui, bakat dan latihan yang tekun akan menghasilkan kombinasi yang luar biasa. Seperti yang disebutkan di atas, orang tua berperan penting dalam mendukung sepanjang proses anak ketika mengembangkan bakatnya dibandingkan hasil. Setelah beranjak dewasa, bakat perlu dibarengi dengan pelatihan dan pengembangan SDM. Agar anak dapat membentuk kepribadian baik dalam bersosialisasi dan bekerja.

 

Guna mengetahui bakat anak, orang tua dapat mengikutsertakannya melalui program tes bakat minat online yang ditawarkan Quantum Edukasindo Paradigma. Dikenal sebagai biro psikologi berpengalaman, Quantum Edukasindo Paradigma menawarkan berbagai program menarik lainnya, yang bisa dilakukan secara online. Mulai dari tes IQ online, pelatihan dan pengembangan SDM, webinar parenting, hingga pendampingan belajar.

Share artikel ini:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×