Tips Mengajari dan Mendorong Kemampuan Membaca pada Anak

Sebelum melatih kemampuan membaca, orang tua perlu mengenalkan buku dan bagian-bagiannya terlebih dahulu pada anak. Kemudian, ajak anak untuk berlatih dan mengenali huruf hingga kata-kata yang ada di dalam buku.

Setelah pengenalan tersebut, dorong anak untuk banyak membaca buku. Dengan begitu, kemampuan membaca anak semakin meningkat. Berikut adalah tips dan trik untuk orang tua dalam mengajari serta mendorong kemampuan membaca pada anak.

Bantu Anak yang Masih Kecil untuk Memahami Hubungan Membaca dan Menulis

Bacakan sebuah cerita kepada sang buah hati sambil memperlihatkan gambar-gambar serta tulisan yang terdapat di dalam buku tersebut. Atau bisa juga dilakukan sebaliknya. Anak yang akan mendikte kata-kata dalam cerita tersebut. Sementara orang tua yang akan menuliskannya di sebuah kertas. Setelah itu, bacakan kembali cerita tersebut dan biarkan sang anak mendengarkannya atau bahkan membuat ilustrasi dari cerita tersebut.

Bacalah Cerita Setiap Hari dengan Bersuara Lantang di Rumah

Membacakan anak sebuah cerita dengan bersuara, mampu meningkatkan kemampuan serta pemahaman bahasa dan minat membacanya. Hal ini dapat orang tua lakukan setiap hari secara rutin. Selain membacakannya, berilah ia kesempatan untuk membacakan cerita dengan lantang kepada keluarga ataupun saudaranya.

Berilah Buku-Buku yang Baik dengan Topik-Topik yang Diminatinya

Salah satu cara untuk meningkatkan kecakapan dan motivasi sang anak adalah dengan membangun minat membacanya. Banyak kisah tentang tokoh besar yang sukses berawal dari kesukaannya membaca.

Dari membaca, orang tua dapat mengetahui apa yang diminati oleh sang anak. Misalnya, sang anak sangat tertarik tentang ilmu pengetahuan alam, maka berilah ia buku tentang ilmu pengetahuan tersebut. Berilah mereka buku yang sesuai dengan topik atau bidang yang mereka minati.

Sediakan Buku-Buku yang Disertai Rekaman Kaset untuk Anak-Anak dengan Kekuatan Audio/Verbal atau Anak-Anak yang Bermasalah dengan Pemahaman Bacaan atau Kecepatan Membaca

Dengan adanya buku yang dilengkapi dengan audio, sang anak yang sulit membaca dapat terbantu memahami isi buku. Selain itu, buku audio juga membantu proses pembelajaran bagi anak yang memiliki kemampuan belajar audio atau verbal.

Pertimbangkan Cara Belajar Anak Ketika Membeli Buku

Penting untuk mengetahui gaya belajar anak sebelum memutuskan buku yang cocok untuk mereka. Untuk anak dengan gaya belajar kinestesis, mereka terdorong untuk membaca, karena keinginan mereka sendiri alias learning by doing. Baik untuk mengetahui hal yang ingin mereka pelajari dengan menentukan buku yang cocok untuk mereka.

Sedangkan anak yang memiliki gaya belajar audio lebih mudah memahami informasi yang memiliki suara atau irama. Buku-buku yang memiliki karakter, dialog serta alur cerita yang baik sangat cocok untuk mereka.

Lalu, anak dengan gaya belajar visual lebih mudah mencerna informasi melalui gambar atau ilustrasi. Buku dengan gambar atau ilustrasi akan sangat menarik untuk anak dengan gaya belajar ini.

Buku-Buku yang Dibahas Bersama Orang Tua adalah Sebuah Program yang Baik Sekali Bagi Orang Tua untuk Terlibat dengan Kegiatan Membaca Anak Mereka yang Duduk di SD, SMP atau SMA

Orang tua ikut berpartisipasi dalam membaca buku yang dibaca oleh anak mereka. Dengan begitu, mereka dapat saling membahas tentang isi buku tersebut sekaligus membangun komunikasi antar anggota keluarga.

Orang yang Malas Membaca dan Pelajar Visual Dapat Dimotivasi untuk Membaca Kalau Mereka Menonton Film Sebelum Membaca Bukunya

Motivasi membaca anak dengan gaya belajar visual dapat didorong oleh menonton film atau dokumenter yang diadaptasi dari buku terlebih dahulu. Jika mereka tertarik dengan filmnya, mereka akan mulai membaca buku tersebut.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk menumbuhkan minat membaca anak di usia dini. Sebelum menentukan buku yang cocok untuknya, alangkah baiknya untuk mengetahui gaya belajarnya terlebih dahulu. Selain itu, orang tua perlu ikut mengambil peran dalam membaca ataupun memberikan dorongan dalam membaca sangat penting untuk mengetahui apa yang mereka minati.

Membahas tentang upaya mendorong kemampuan membaca pada anak, salah satu biro psikologi berpengalaman siap membantu orang tua untuk membantu mengembangkan kemampuan membaca anak. Quantum Edukasindo Paradigma menyediakan berbagai layanan dalam membantu perkembangan kemampuan anak. Sebut saja seperti Quantum Reading, Learning, Writing, youth training, pendidikan dan pengembangan karakter, dan masih banyak lagi.

Adapun program lainnya yang ditawarkan oleh Quantum Edukasindo Paradigma guna mengetahui seberapa jauh kemampuan individu. Mulai dari tes IQ online, tes bakat minat, tes kepribadian, pelatihan EQ, hingga pelatihan dan pengembangan SDM. Dengan memahami kekuatan individu melalui program-program tersebut, maka ke depannya dapat bekerja sesuai dengan karakteristik dan kekuatannya.

Share artikel ini:

Sumber:

Fuller, Cheri. 2007. Maksimalkan Potensi Belajar Anak Anda. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×