Pentingnya Tes IQ untuk Kerja

Setiap perusahaan memiliki caranya sendiri dalam merekrut karyawan baru. Ada yang hanya mengandalkan proses wawancara, dan ada juga yang menggunakan psikotes seperti tes IQ.

Sampai detik ini masih ada beberapa perusahaan yang mengandalkan tes tersebut sebagai indikator apakah calon kandidat berprospek atau tidak. Semakin berkembangnya teknologi, kini orang-orang bisa melakukan tes IQ online. Tes IQ pada umumnya berguna untuk mengukur kecerdasan intelektual seperti kemampuan berpikir secara logika dan menyelesaikan masalah.

Lalu, apa saja alasan pentingnya bagi perusahaan untuk mengadakan tes IQ ke calon kandidat? Simak penjelasannya berikut ini.


Mengukur Kemampuan Berpikir

IQ dikenal merujuk pada kemampuan berpikir logika, analisis, kritis, dan intelektual. Tidak jarang banyak perusahaan menggunakan tes IQ sebagai indikator untuk mengukur kemampuan berpikir calon kandidatnya. Hal ini karena kemampuan berpikir adalah salah satu yang paling dibutuhkan di lingkungan kerja, untuk memecahkan berbagai permasalahan. Apabila calon kandidat memiliki kemampuan berpikir yang lambat, maka akan menghambat keseluruhan proses kerja.


Mengetahui Cara Menyelesaikan Masalah

Poin ini berkaitan dengan poin pertama. Apabila kemampuan berpikir individu baik dan memiliki IQ tinggi, maka akan mudah untuk memecahkan berbagai persoalan. Melalui cara sendiri, karyawan dapat menganalisis suatu masalah hingga ke akar-akarnya. Tidak jarang bahwa masalah di tempat kerja yang dihadapi, bersifat mendadak dan sulit ditebak. Maka dari itu, dengan adanya tes IQ bagi para calon kandidat, perusahaan mudah memahami seberapa besar pola pikirnya dalam menghadapi dan memecahkan persoalan dalam pekerjaan.


Indikator Performa Bekerja

Tes IQ masih digunakan oleh sebagian besar perusahaan, guna mengukur seberapa bagus performa kerja calon kandidat ke depannya. Melalui tes kecerdasan intelektual, perusahaan mudah mengetahui potensi-potensi apa yang bisa dikembangkan karyawan dalam membangun kinerja perusahaan. Mulai dari kemampuan adaptasi dengan lingkungan kerja, cara berkomunikasi, lamanya proses bekerja, dan masih banyak lagi. Semakin bagus cara adaptasi individu, maka perusahaan juga ikut maju.


Mendeteksi Kelemahan dan Kelebihan

Setiap manusia di dunia tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak perusahaan menjadikan plus minus calon kandidatnya sebagai tolok ukur dalam melihat potensi, yang bisa dikembangkan nantinya. Maka, diperlukan tes IQ untuk mengukurnya.

Melalui skor tes IQ, seseorang dapat dilihat apa kelebihan dan kekurangannya. Misalnya skor logika konkret lebih tinggi, tandanya individu memiliki kelebihan dalam mencari inti permasalahan. Sebaliknya, jika skornya rendah maka individu tersebut kemungkinan besar akan sulit untuk menentukan penyebab utama yang harus ditangani ketika muncul permasalahan dalam pekerjaannya.


Menyesuaikan dengan Latar Pendidikan

Tes IQ seringkali diadakan oleh perusahaan, guna menyeleksi latar belakang pendidikan dan memvalidasi prestasi akademik calon kandidat pegawainya. Kebanyakan orang menganggap bahwa pendidikan tinggi berarti kandidat memiliki skor IQ yang tinggi pula. Atau anggapan bahwa indeks prestasi akademik yang tinggi mengindikasikan IQ yang tinggi. Namun kenyataannya belum tentu. Banyak kandidat dengan indeks prestasi sangat memuaskan ternyata menunjukkan IQ yang bahkan di bawah rata-rata. Untuk itu tes IQ bisa menjadi alat pembanding yang ideal untuk menyetarakan standard indeks prestasi kandidat yang berasal dari berbagai kampus yang berbeda-beda.


Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai alasan pentingnya tes IQ untuk karier. Kebanyakan perusahaan memposisikan tes IQ di tahap awal sebelum proses wawancara. Jenis tes kecerdasan ini seringkali dipakai untuk indikator kemampuan berpikir, menyelesaikan masalah, beradaptasi dengan lingkungan kerja, dan prospek tidaknya calon kandidat.

Akan tetapi, ada pentingnya bagi perusahaan untuk tidak selalu menjadikan tes IQ sebagai satu-satunya indikator utama dalam seleksi calon pegawainya. Pasalnya, setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda untuk diukur, disamping masih ada banyak aspek lain seperti managerial skill, gaya kepemimpinan, tipe kepribadian dan sebagainya yang juga bisa menjadi indikator keberhasilan seseorang dalam dunia kerja.

Berbicara mengenai tes IQ dan karier, Quantum Edukasindo Paradigma menghadirkan layanan tes IQ online, tes eksplorasi karier dan coach bimbingan karier, sehingga individu dapat diukur kecerdasan intelektualnya, dilihat apa kekurangan dan kelebihannya, dan dibimbing agar bisa menemukan karier yang paling sesuai sehingga  lebih terampil dan optimal dalam berkarya.

Sementara untuk melatih soft skill, pelatihan dan pengembangan SDM di Quantum Edukasindo Paradigma akan dilakukan oleh trainer berpengalaman. Apabila kecerdasan IQ didasari dengan pelatihan dan pengembangan SDM yang sesuai sasaran, maka akan menghasilkan kombinasi yang bagus dalam individu berkarier dan akan membantunya agar mampu beradaptasi dengan kompetensi yang dibutuhkan di lingkungan kerja.

Share artikel ini:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×