Mengenal Lebih Dekat Tentang Kecerdasan Spasial-Visual

Kecerdasan spasial-visual termasuk ke dalam salah satu dari tujuh kecerdasan ganda, yang diungkapkan oleh Howard Gardner. Berbeda dengan kecerdasan-kecerdasan pada umumnya, spasial-visual memungkinkan seseorang untuk mengamati dan berpikir melalui visual dan ruang. Leonardo Da Vinci merupakan salah satu sosok terkenal, yang memiliki kecerdasan ganda ini.

Seperti apa kecerdasan spasial-visual? Bagaimana karakteristik dan cara belajar seseorang dengan kemampuan spasial-visual? Cari tahu penjelasannya di bawah ini.


Apa Itu Kecerdasan Spasial-Visual?

Jenis kecerdasan ini termasuk salah satu kecerdasan ganda, yang dikemukakan oleh ahli psikologi ternama, yaitu Howard Gardner. Kecerdasan spasial-visual merupakan kemampuan seseorang dalam memahami, membayangkan, mengingat, ataupun berpikir dalam bentuk visual. Anak yang memiliki kemampuan ini juga mampu menerjemahkan berbagai media visual seperti diagram, peta, infografis, lukisan, dan masih banyak lagi.

Kecerdasan spasial-visual memungkinkan seorang anak untuk memodifikasi citra ruang dan tempat. Kemampuan ini juga memudahkan individu dalam mengingat wajah, lukisan, jalan, dan segalanya yang berkaitan dengan visual. Adapun aspek-aspek yang menjadi kekuatan dari kecerdasan spasial-visual adalah warna, arah, ruang, garis, bentuk, dan objek tiga dimensi lainnya.

Kecerdasan spasial-visual seringkali dipelajari dan diterapkan di luar lingkungan sekolah. Oleh karena itu orang tua berperan penting dalam mendukung dan menciptakan lingkungan kondusif di luar kegiatan sekolah untuk membantu anak dalam mengembangkan kecerdasannya ini secara optimal.

Karakteristik Kecerdasan Spasial-Visual

 

Seseorang dengan kecerdasan spasial-visual memiliki berbagai karakteristik sebagai berikut:

1) Berpikir dan Mengingat dengan Visual

Sesuai dengan penjelasan di atas, kecerdasan spasial-visual ini berfokus pada kemampuan seseorang berdasarkan pemahaman visual dan ruang. Ketika melihat sekitar, individu akan mudah mengingat spasial dan visual secara detail. Mulai dari bagaimana bentuknya, ukuran, warna, posisi atau jarak, dan lainnya.

Selain itu, informasi yang ditangkap oleh anak dengan kecerdasan ini, akan ditransformasikan dan diterjemahkan ke dalam bentuk visual sesuai imajinasinya sendiri.

2) Menyukai Seni dan Desain Visual

Anak yang memiliki kecerdasan spasial-visual tentu sangat menyukai bidang-bidang, yang berkaitan dengan seni dan desain visual. Misalnya melukis, ilustrasi, desain grafis, animasi, dan lainnya.

Berbagai aktivitas seni visual yang membutuhkan kreativitas, menjadi hal yang sangat digemari oleh orang dengan kecerdasan ini. Tidak heran jika individu yang memiliki kecerdasan spasial-visual akan memilih jalur kariernya di bidang arsitek, desain grafis, ilustrator, desain interior, dan lainnya.

3) Mudah Membaca Peta dan Diagram

Karakteristik lainnya yang dimiliki oleh seseorang dengan kecerdasan ini adalah kemampuannya dalam membaca peta dan diagram. Tidak hanya peta dan diagram, melainkan infografis, data-data yang memiliki visual jelas dan akurat.

Kecerdasan spasial-visual memungkinkan individu untuk membaca informasi-informasi mendetail yang terdapat di media. Dalam proses pembelajaran, anak dengan kemampuan ini juga lebih mudah menggunakan globe maupun diagram.


Cara Belajar untuk Kecerdasan Spasial-Visual

Selain karakteristik, seseorang dengan kecerdasan spasial-visual memiliki gaya atau cara belajarnya sendiri seperti berikut ini:

  • Belajar dengan diagram, gambar, dan peta
  • Membuat coretan melalui visualisasi simbol maupun gambar
  • Menggunakan peta pikiran untuk pembelajaran
  • Menggunakan video, poster, dan visual berwarna
  • Memanfaatkan ruangan yang kaya perspektif
  • Memakai organisator atau grafik sasaran


Kesimpulan

Itulah penjelasan detail mengenai kecerdasan spasial-visual. Pada dasarnya, anak yang memiliki jenis kecerdasan ini mengandalkan visual dan ruang dalam menangkap informasi secara mudah. Seseorang dengan kecerdasan spasial-visual juga mampu membaca dan menerjemahkan segala sesuatu yang berkaitan dengan visual.

Berbicara mengenai kecerdasan spasial-visual, penting bagi orang tua untuk mengetahui dan membantu anak meningkatkan kemampuannya secara optimal sesuai dengan kecerdasan apa yang dimilikinya. Salah satu cara untuk menguji kecerdasan apa yang dimiliki anak adalah dengan mengikuti program yang ditawarkan oleh Quantum Edukasindo Paradigma. Mulai dari tes IQ online , tes eksplorasi karier dengan menggunakan multiple intelligence (kecerdasan ganda), hingga pelatihan dan pengembangan SDM.

Kecerdasan spasial-visual berkaitan erat dengan gaya belajar anak. Sebagai biro psikologi berpengalaman, Quantum Edukasindo Paradigma menawarkan program pelayanan bimbingan belajar, agar anak menjadi unggul dalam proses belajar di sekolah. Selain itu, program ini juga membuat orang tua mengetahui metode belajar anak yang efektif

Share artikel ini:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×