Mengenal Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

Introvert dikenal sebagai sosok yang suka menyendiri, tertutup, dan pendiam. Pasalnya, orang-orang dengan kepribadian ini cenderung mengisi energinya dengan sendirian. Berbeda dengan ekstrovert yang gemar bersosialisasi, sementara introvert akan merasa lelah ketika berada di tengah banyak orang. 

Dalam pemilihan jurusan kuliah, penting sekali untuk menyesuaikan dengan kepribadian yang kamu miliki. Bagi introvert, jurusan yang tidak begitu banyak menuntut untuk berinteraksi bisa menjadi pilihan terbaik. Apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk kepribadian introvert? Cari tahu jawabannya di bawah ini. 

 

Teknik Informatika

Seiring perkembangan teknologi, lulusan teknik informatika semakin sering dicari oleh banyak perusahaan. Jurusan ini cocok dipilih untuk kamu yang gemar mengutak-atik program di komputer maupun teknologi. Ada berbagai macam hal yang dipelajari di jurusan teknik informatika. Mulai dari coding, membuat aplikasi, cyber security, sistem jaringan komputer, dan masih banyak lagi.

Selain itu, teknik informatika juga disebut sebagai salah satu jurusan yang sesuai untuk kepribadian introvert. Mahasiswa jurusan ini lebih sering menyelesaikan tugasnya secara pribadi. Dalam proses belajar, tidak terlalu banyak interaksi yang dibutuhkan terhadap orang lain. Hal ini karena bidang teknik informatika lebih banyak menghabiskan waktunya dengan komputer dan bahasa pemrograman. 

 

Akuntansi

Apakah kamu gemar hitung-hitungan? Akuntansi bisa menjadi salah satu rekomendasi jurusan untuk yang memiliki kemampuan berhitung yang baik dan ketelitian tinggi. Lulusan akuntansi juga sering dicari oleh banyak perusahaan. Tanpa bidang ini, maka tidak ada yang mengatur keuangan atau finansial perusahaan. Ada berbagai hal yang dipelajari di jurusan akuntansi, yaitu perpajakan, audit, modal saham, aktiva, laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Menariknya, jurusan akuntansi rupanya cocok bagi yang memiliki kepribadian introvert maupun pendiam. Bidang ini tidak mengharuskan mahasiswa untuk sering berinteraksi dengan banyak orang. Berhubung akuntansi sangat erat terhadap angka dan hitungan, diperlukan tingkat ketelitian atau akurasi dan kedisiplinan tinggi. Apabila salah menghitung, maka semua laporan keuangan juga ikut salah.

 

Desain Grafis

Serupa dengan bidang IT, desain grafis juga kini semakin banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Cukup banyak generasi milenial mengambil jurusan ini, karena memiliki prospek kerja yang bagus. Selain itu, jurusan desain grafis cocok untuk kamu yang hobi menggambar, paham estetika seni visual, atau tertarik dengan seni grafis. Beberapa materi yang dipelajari di bidang desain grafis antara lain desain branding, percetakan, teori warna, ilustrasi, layouting, dan masih banyak lagi.

Mengapa jurusan desain grafis cocok untuk yang berkepribadian introvert? Hal ini karena para mahasiswa dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengeksplorasi ide desain baru yang kreatif sendirian. Akan tetapi, di dunia kerja maupun kuliah, desainer grafis juga perlu berinteraksi dengan teman dan klien. Namun, dalam proses mengerjakan grafis, tentu lebih banyak dilakukan secara sendiri.

 

Ilmu Komputer

Meskipun seringkali dianggap sama dengan teknik informatika, kenyataannya ilmu komputer adalah jurusan yang berbeda. Keduanya memang sama-sama bekerja dengan perangkat komputer. Akan tetapi, ilmu komputer berfokus pada perancangan sistem komputer, algoritma yang kompleks, dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sains komputer. Cocok untuk yang mendalami dunia teknologi dan komputer.

Seperti teknik informatika, jurusan ilmu komputer cocok untuk yang memiliki kepribadian introvert. Dalam masa pembelajarannya, bidang ini kebanyakan fokus pada sains komputer, serta tidak memiliki banyak interaksi dengan orang lain. Akan tetapi, jurusan ilmu komputer mengharuskanmu untuk memiliki kemampuan matematika yang baik, ketelitian, dan paham akan bahasa pemrograman.

 

Ilmu Pengetahuan Alam

Apakah kamu merupakan lulusan SMA dengan jurusan IPA? Atau memiliki minat terhadap bidang MIPA? Kuliah di fakultas MIPA bisa menjadi pilihan tepat. Berbagai jurusan yang tergabung di dalam fakultas ini antara lain matematika, fisika, kimia, hingga biologi. Kuliah di jurusan MIPA akan menguji kemampuan berhitung, analisa, dan pemahaman terhadap dunia sains. 

Berbagai jurusan dalam fakultas MIPA cocok untuk yang berkepribadian introvert. Kebanyakan mahasiswa yang berkuliah di bidang ini, lebih sering menghabiskan waktunya di laboratorium. Jurusan MIPA memilih untuk mengeksplorasi ide-ide penelitian yang menarik, serta berfokus pada eksperimen. Hasil penelitian ini nantinya akan ditulis dalam sebuah jurnal sains, dan menjadi kegiatan utama untuk mahasiswa MIPA.

 

Kesimpulan

Itulah jawaban dan ulasan lengkap mengenai jurusan kuliah yang cocok untuk kepribadian introvert. Kelima jurusan yang disebutkan tidak menuntutmu untuk berinteraksi dengan banyak orang. 

Introvert dikenal memiliki fokus yang baik ketika beraktivitas sendirian. Sehingga jurusan-jurusan tersebut memungkinkanmu untuk belajar lebih fokus, tanpa harus terdistraksi oleh kehadiran orang-orang. Jadi, orang dengan kepribadian introvert juga bisa sukses apabila memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

 

Apabila masih merasa ragu memilih jurusan kuliah dan ingin mengetahui kepribadianmu, kamu bisa berkonsultasi dengan Quantum Edukasindo Paradigma. Ada berbagai program tersedia di Quantum Edukasindo Paradigma, guna menunjang pendidikan dan karier ke depannya. Mulai dari tes bakat minat, tes IQ online, tes kepribadian online, hingga pelatihan dan pengembangan SDM

Dengan mengikuti tes-tes dan pelatihan pengembangan diri, maka kamu tidak merasa ragu lagi dengan pemilihan jurusan kuliah dan jenjang karier. Sesuaikan jurusan kuliah dan karier juga dengan kemampuan maupun minatmu. 

Ketika sudah memasuki dunia karier, pelatihan dan pengembangan SDM juga penting untuk kamu yang berkepribadian introvert. Sehingga kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja dan menjadi pribadi yang unggul dan profesional.

Share artikel ini:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×