Langkah – Langkah Memilih Karier yang Tepat

Memiliki karier yang bagus dan sesuai dengan keinginan adalah impian semua orang. Pasalnya karier bagus dapat membawa masa depan yang cemerlang bagi seseorang. Maka dari itu, penting sekali bagi individu untuk melakukan pemilihan karier yang tepat, sebagai penentu masa depan. 

Memilih karier hampir serupa dengan memilih jalur pendidikan. Ada beberapa langkah untuk memilih karier yang perlu diikuti. Hal ini agar seseorang terhindar dari kesalahan atau penyesalan, karena karier tidak sesuai dengan bakat dan minat. Seperti apa langkah-langkah untuk memilih karier yang tepat? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Mengenal Diri

Sebelum memilih pekerjaan yang diinginkan, alangkah baiknya untuk memahami diri sendiri terlebih dahulu. Mulai dari karakteristik kepribadian, bakat, dan minat. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan oleh individu untuk mengetahui karakteristik dirinya. Di antaranya adalah mengikuti psikotes seperti tes IQ online, Career Exploration Test (CET), MBTI, dan jenis-jenis tes kecerdasan lainnya. Dengan begitu, seseorang akan terhindar dari kesalahan pemilihan jalur karier.

 

Membuat Rencana Karier

Setelah mengetahui karakteristik, bakat, dan minat yang dimiliki, barulah individu dapat membuat perencanaan untuk karier ke depannya. Adapun hal yang bisa dilakukan untuk merancang rencana karier. 

Individu dapat mencari daftar karier dari sumber mana saja, yang berhubungan dengan kepribadiannya. Misalnya bidang jurnalistik. Apabila memiliki kemampuan menulis, maka bisa memasukkan profesi seperti editor, redaktur, reporter online, penulis ke dalam daftar perencanaan. Selain itu, individu juga berhak mendata jenis-jenis pekerjaan lain, yang menarik baginya.

 

Evaluasi Ulang Rencana

fSetelah semua rencana dilakukan, penting bagi individu untuk mengevaluasinya kembali. Sampai di tahap ini, seseorang sudah mampu memahami dengan baik mengenai daftar rencana kariernya. Akan tetapi, daftar tersebut juga perlu disortir kembali. Pekerjaan yang tidak memenuhi persyaratan dapat disingkirkan dari daftar perencanaan. 

Individu mampu mengevaluasi ulang rencana karier dengan menelusuri dan menggali informasi lebih dalam mengenai jalur karier yang sesuai. Cari tahu informasi seperti jenis pekerjaan, deskripsi pekerjaan, kelebihan dan kekurangan pekerjaan, gaji umumnya, prospek ke depannya, dan masih banyak lagi. 

 

Membuat Keputusan

Setelah matang dengan segala perencanaan, individu dapat membuat keputusan sebagai langkah berikutnya. Diperlukan pemikiran yang matang sebelum menentukan dan mengambil keputusan karier. Setelah menggali informasi lebih dalam, saatnya bagi individu untuk mencari dan memilih lowongan pekerjaan yang tersedia. 

Dalam pengumuman lowongan kerja, biasanya terdapat sejumlah informasi seperti syarat usia, latar pendidikan, kemampuan yang dikuasai, dan syarat-syarat lainnya. Saat melamar kerja, hindari memilih pekerjaan-pekerjaan yang tidak sesuai dengan kualifikasi kepribadian dan kemampuan.

 

Mengenal Dunia Kerja

Inilah langkah terakhir dalam pemilihan karier. Setelah pikiran dan keputusan sudah matang akan karier yang dipilihnya, seseorang akan dihadapkan dengan proses-proses melamar kerja pada umumnya. Proses yang dimaksud antara lain adalah wawancara dengan HRD dan user, serta psikotes. Apabila lolos dari tahap-tahap tersebut, individu akan merasakan dan menghadapi dunia kerja sesungguhnya. Mulai dari cara beradaptasi, bekerja sesuai dengan job desc, dan lain-lain.

 

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai langkah-langkah dalam memilih karier. Guna mendapatkan karier yang sesuai, seseorang perlu merancang perencanaan dan pengembangan kemampuan. 

Mengetahui daftar-daftar karier yang diinginkan menjadi sesuatu yang baik untuk dilakukan. Hal ini dapat membantu individu untuk terhindar dari pekerjaan yang tidak sesuai. Selain itu, perencanaan yang matang dan mendetail juga memungkinkan calon kandidat lebih siap dalam memasuki dunia kerja yang baru.

Pada poin pertama, disebutkan bahwa seseorang perlu mengenali dan melatih diri terlebih dahulu sebelum memasuki dunia kerja. Salah satu biro psikologi berpengalaman, Quantum Edukasindo Paradigma menawarkan berbagai layanan jasa untuk membantu individu semakin mengenali kepribadiannya.  Di antaranya adalah tes IQ online, tes bakat minat, tes kepribadian MBTI, dan tes kecerdasan lainnya.

Selain mengenali karakteristik kepribadian, penting bagi individu untuk melatih mengembangkan kepribadiannya, agar bisa menjadi SDM yang unggul di dunia kerja. 

 

Quantum Edukasindo Paradigma menawarkan program pelatihan dan pengembangan SDM dan berbagai jenis pelatihan lainnya, yang didampingi oleh tutor maupun trainer berpengalaman. Pelatihan ini juga termasuk salah satu langkah yang dilakukan sebelum memilih karier yang pasti.

Share artikel ini:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×