Mengenal Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Ekstrovert

Sosok ekstrovert dikenal senang bersosialisasi dan berkenalan dengan banyak orang. Berpikiran terbuka, pandai berkomunikasi, ekspresif adalah karakteristik lainnya yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ekstrovert. Selain itu, tipe ini juga mengisi energinya dengan beradaptasi dan berbaur bersama orang lain.

Berbicara mengenai pemilihan jurusan kuliah, penting untuk menyesuaikannya dengan kepribadian yang kamu miliki. Apabila kamu merupakan sosok ekstrovert, berbagai jurusan yang menuntutmu untuk memperbanyak dan menjalin relasi, sering berkomunikasi adalah pilihan terbaik. Apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk ekstrovert? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

 

Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan kuliah, yang sedang banyak dipilih oleh mahasiswa. Banyak peluang kerja yang tersedia untuk lulusan bidang Komunikasi. Mulai dari public relation, jurnalis, marketing communication, advertising, penyiar, content creator, social media management, dan masih banyak lagi. 

Melalui jurusan ini, kamu akan diajarkan berbagai hal mengenai komunikasi seperti etika berkomunikasi, psikologi komunikasi, media komunikasi, hingga komunikasi interpersonal.

Buat kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert, bidang Ilmu Komunikasi bisa menjadi salah satu pilihan jurusan yang tepat. Hal ini karena ekstrovert mempunyai karakterististik seperti senang berinteraksi dengan orang lain, menjalin relasi dengan banyak orang, mengisi energi dengan beraktivitas bersama orang-orang, dan ekspresif. 

 

Hubungan Internasional

Hampir serupa dengan Ilmu Komunikasi, jurusan Hubungan Internasional juga memungkinkanmu untuk sering berinteraksi dan menjalin relasi dengan orang-orang dari mancanegara. Kamu akan mempelajari berbagai hal di jurusan ini seperti diplomasi antar negara, hubungan politik dan perdagangan luar negeri, hingga ekonomi internasional. 

Selain itu, kemampuan berpikir kritis, wawasan, dan keterampilan komunikasi internasional kamu akan diuji dan diasah di jurusan ini.

Jurusan Hubungan Internasional cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert. Mengingat jurusan ini mengharuskanmu untuk aktif berkomunikasi dan bergaul dengan orang-orang, termasuk dari negara lain. 

 

Marketing

Banyak orang menganggap bahwa marketing bertugas untuk menawarkan produk maupun brand ke calon konsumen. Anggapan ini tidak salah. Pasalnya, jurusan Marketing mengharuskanmu untuk terjun ke lapangan dan melakukan pendekatan ke target konsumen. Kamu akan diminta untuk mencari data mengenai kebutuhan konsumen, permasalahan, melakukan penjualan, mempromosikan produk dan brand, hingga negosiasi.

Jurusan Marketing cocok untuk yang memiliki kepribadian ekstrovert. Hal ini karena jurusan Marketing membutuhkan keterampilan negosiasi dan public relation yang baik. Kamu juga akan lebih sering berinteraksi dengan banyak orang, guna menggali informasi mengenai permintaan pasar. Mengingat kepribadian ekstrovert cenderung berpikiran terbuka terhadap orang lain.

 

Psikologi

Banyak mahasiswa tertarik dengan jurusan Psikologi. Lewat jurusan ini, kamu akan mempelajari hal-hal menarik seputar Ilmu Psikologi. Di antaranya adalah pola perilaku, pemikiran, emosi manusia, teori kepribadian, kesehatan mental, psikologi pendidikan, psikologi konseling, dan masih banyak lagi. Peluang karier untuk jurusan Psikologi juga tergolong banyak seperti HRD, GA, trainer, psikolog, dan lainnya. 

Jurusan Psikologi tergolong menantang dan menyenangkan bagi para ekstrovert, yang senang berinteraksi dengan banyak orang berbeda-beda. Kamu akan bertemu dengan berbagai tipe manusia yang unik, sekaligus mempelajari karakteristiknya. 

 

Pariwisata

Apakah kamu termasuk yang doyan jalan-jalan dan dunia pariwisata? Jurusan Pariwisata bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Lewat jurusan ini, kamu akan memperdalam ilmu pengetahuan mengenai pariwisata, potensi pariwisata, budaya, adat, dan sejarah dari tempat-tempat wisata. Keterampilan komunikasi kamu akan diasah di jurusan Pariwisata, dengan memandu dan menjelaskan informasi mengenai tradisi, budaya, dan sejarah suatu wilayah ke para turis.

Buat kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert dan berjiwa petualang, jurusan Pariwisata menjadi pilihan yang cocok. Pasalnya, jurusan ini mengharuskanmu untuk banyak berkomunikasi dengan orang-orang untuk menggali informasi seputar budaya, serta berbicara di depan umum sebagai pemandu wisata.

Kesimpulan

Itulah jurusan-jurusan yang cocok untuk dipilih oleh kamu yang berkepribadian ekstrovert. Kebanyakan jurusan yang disebut di atas, mengharuskanmu untuk berani berinteraksi dengan orang lain. 

Kamu akan menghadapi berbagai orang dengan karakter berbeda-beda. Sehingga penting untuk memahami orang lain, agar bisa menjalin relasi denganmu. Selain terampil dalam berkomunikasi, juga diperlukan pemikiran terbuka dan berwawasan luas.

 

Apabila masih merasa ragu memilih jurusan kuliah dan ingin mengetahui kepribadianmu, kamu bisa berkonsultasi dengan Quantum Edukasindo Paradigma. Ada berbagai program tersedia di Quantum Edukasindo Paradigma, guna menunjang pendidikan dan karier ke depannya. Mulai dari tes bakat minat, tes IQ online, tes kepribadian online, hingga pelatihan dan pengembangan SDM

Dengan mengikuti tes-tes dan pelatihan pengembangan diri, maka kamu tidak merasa ragu lagi dengan pemilihan jurusan kuliah dan jenjang karier. Sesuaikan jurusan kuliah dan karier juga dengan kemampuan maupun minatmu. 

Ketika sudah memasuki dunia karier, pelatihan dan pengembangan SDM juga penting untuk kamu yang berkepribadian ekstrovert. Meskipun orang ekstrovert dapat beradaptasi dan bersosialisasi di lingkungan kerjanya dengan mudah, namun tetap diperlukan sikap profesional, berprestasi dalam karier, dan menjadi SDM yang unggul.

Share artikel ini:

Butuh bantuan?

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi customer service kami dengan menakan tombol dibawah ini

×

Halo!

Silahkan tinggalkan pesan melalui chat Whatsapp atau kirimkan email ke humas.qep@gmail.com

×