Employee Assistance Program (EAP)
EAP adalah bantuan profesional yang dirancang untuk membantu unit kerja dan karyawan berkaitan dengan masalah produktivitas kerja dan masalah pribadi lainnya yang berdampak pada kinerja dan hubungan interpersonal di lingkungan kerja.
EAP merupakan wujud kepedulian dari sebuah perusahaan kepada karyawannya agar dapat menyelesaikan masalah personal maupun pekerjaan. Karyawan diberi pendampingan dan motivasi untuk mengidentifikasi persoalan yang mengganggu kinerjanya serta memberdayakan potensinya dalam memecahkan masalahnya sendiri.
Apa manfaat dan ruang lingkup
dari Employee Assistance Program (EAP)?
Produktivitas Meningkat
Turnover Menurun
Lingkungan Kerja
Bagaimana cara berinteraksi dengan teman kerja, menavigasi perubahan karier, dan mengelola stres di tempat kerja adalah hal-hal yang dapat ditangani oleh EAP agar karyawan tidak mengalami burnout.
Kesehatan Mental
EAP dapat menangani karyawan yang memiliki berbagai masalah kesehatan mental, mulai dari anxiety disorder hingga eating disorder, melalui bantuan psikolog profesional.
Positive Workplace
Menurunkan Absensi
Keluarga
Terkadang, permasalahan keluarga tidak bisa ditinggalkan di rumah begitu saja. EAP dapat membantu karyawan untuk melalui masalah tersebut, baik mengenai pernikahan maupun anak-anak, dengan mendengarkan dan menawarkan solusi.
Kesehatan Fisik
Selain kesehatan mental, EAP juga terbuka untuk kesehatan fisik. Misalnya, EAP dapat menuntun karyawan untuk menjalani hidup sehat melalui penerapan fitness plan.
Syarat & Ketentuan
Online
- Durasi tiap sesi kurang lebih 45-60 menit.
- Appointment atau janji temu minimal H-48 jam (2 hari sebelumnya).
- Pembatalan atau reschedule minimal H-24 jam (sehari sebelumnya). Biaya sesi tetap akan dikenakan bila pembatalan kurang dari H-24 jam dan tidak lagi bisa reschedule.
Offline
- Durasi tiap sesi kurang lebih 45-60 menit.
- Untuk sesi EAP offline minimal 2 sesi. Jika hanya 1 sesi saja, maka harus melalui online meeting.
- Untuk 2 hingga 4 sesi offline, akan dikenakan biaya transport konselor sebesar Rp150.000,-/ visit.
- Jika 5 sesi atau lebih, free transport.
- Untuk tambahan transport tersebut hanya berlaku offline untuk perusahaan di Jabodetabek. Untuk perusahaan di luar Jabodetabek, transport akan dihitung sesuai wilayah yang terkait.
- Appointment atau janji temu minimal H-48 jam (2 hari sebelumnya).
- Pembatalan atau reschedule minimal H-24 jam (sehari sebelumnya). Biaya sesi tetap akan dikenakan bila pembatalan kurang dari H-24 jam dan tidak lagi bisa reschedule.
Fasilitas Konseling
Seminar bisa dilaksanakan Online-Offline sesuai kebutuhan anda.
- Durasi 45-60 menit
- Rekaman sesi konseling (Online)
Tim Konselor Kami
Berisi para konselor yang sudah berpengalaman dalam bidang pengembangan SDM